Unic indonesia
Loading...
Sabtu, 20 April 2013

Selamat Ulang Tahun Adolf Hirler

23.06

Semalam tepat ulang tahun ke-123 mendiang diktator terburuk zaman modern, Adolf Hitler. Pemimpin Partai Nasional Sosialis atau kerap disebut Nazi ini rupanya masih punya pengaruhcukup besar. Banyak orang rutin merayakan ulang tahunnya meski Hitler sudah tewas di akhir Perang Dunia II.


Para penggemar itu sebagian besar adalah pembaca buku Mein Kampf atau 'Perjuanganku' karangan Hitler. Mereka bahkan belum lahir saat diktaktor fasis itu berkuasa. Kelompok ini biasanya disebut neo-nazi.

Menurut situs berita lawsonry.com, Senin (16/4), ratusan bahkan ribuan orang yang tergabung dengan Neo-Nazi di pelbagai negara bakal merayakan ulang tahun Hitler hari ini secara diam-diam. Salah satu yang sempat terkuak adalah rencana beberapa pengelola Gedung Opera Berlin (Deutsche Oper Berlin) Januari lalu.

Mereka berencana mementaskan opera berjudul "Rienzi" tepat pada tanggal 20 April. Naskah "Rienzi" konon sangat digemari Hitler. Rencana pengelola Gedung Opera itu ditolak para pegawai. Mereka mengancam mogok. Rencana itu akhirnya dibatalkan.

Figur lain yang dipastikan bakal merayakan ulang tahun Hitler adalah anggota Kongres Amerika Serikat dari Negara Bagian Illinois, Arthur Jones. Politikus ini sejak lama dikenal sebagai pendiri Partai Nazi Baru Amerika.

Mengikuti tradisi tiga tahun terakhir, Jones dan para simpatisan Neo-Nazi bakal mengadakan acara potong kue buat menghormati pemimpin yang lazim disebut "Fuehrer" itu. Selain pesta, rombongan ini biasanya akan berunjuk rasa di depan Museum Holocaust di Kota Skokie, Illinois. Dalam perayaan ini, mereka juga mengenakan seragam militer khas Nazi.

Jones dan kawan-kawan merupakan gerakan neo-nazi terbesar di Amerika. Tiga tahun lalu, mereka pernah mengundang kemarahan publik karena menyebut tragedi pembantaian Yahudi atas perintah Hitler selama Perang Dunia II cuma rekayasa.

Acara peringatan hari jadi Hitler paling meriah diselenggarakan di Madrid, Spanyol, pada 1989. Kala itu, kaum neo-nazi dari seluruh Eropa berkumpul merayakan peringatan 100 tahun Hitler. Benua Biru memiliki jumlah Neo-Nazi terbanyak di duni

0 komentar:

Posting Komentar

 
Chat Box