Unic indonesia
Loading...
Selasa, 19 Maret 2013

Index Pembangunan manusia : RI sejajar Afsel, jauh di bawah Malaysia



Jakarta - Lembaga PBB yang bergerak di sektor pembangunan atau United Nations Development Programme (UNDP) merilis Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau biasa dikenal dengan Human Development Index (HDI) 2013.

Indeks Pembangunan Manusia merupakan pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia. Indeks ini digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah negara. Apakah masuk ke dalam negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup.

Dikutip dari situs resmi Human Development Index, Senin (18/3/2013), UNDP membagi indeks suatu negara ini ke dalam beberapa golongan. Golongan tersebut yakni Very High Human Development, High Human Development, Medium Human Development dan Low Human Development.


Indonesia masuk ke dalam jajaran Medium Human Development bersama dengan negara lainnya seperti Afrika Selatan, Timor-Leste, Palestina, dan Irak.


Indonesia berada di peringkat 121 yang sejajar dengan Afrika Selatan dan Kiribati yang juga menduduki peringkat 121. Negara Asia Pasifik lainnya seperti Malaysia berada di peringkat ke-64 yang masuk ke jajaran High Human Development. Sedangkan Singapura, berada di peringkat 18 dan masuk ke dalam jajaran Very High Human Development.


Yang menjadi juara adalah Norwegia yang berada di peringkat pertama disusul oleh Australia dan AS di peringkat kedua dan ketiga.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Chat Box