Unic indonesia
Loading...
Senin, 22 April 2013

Hari Kartini, Pedagang Pasar Kompak Pakai Kebaya

00.01
Tasikmalaya - Memperingati Hari Kartini, ibu-ibu pedagang di Pasar Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengenakan kebaya, Minggu pagi, 21 April 2013. Mereka mengenakan kebaya atas inisiatif sendiri. "Peringati Hari Kartini, jadi pakai kebaya," kata Wati, pedagang pakaian di Pasar Rajapolah, Minggu. (Baca juga: Ini 5 Perempuan Luar Biasa, Kartini Masa Kini)

Wati mengaku baru pertama kali ini memakai kebaya pada Hari Kartini. "Tahun-tahun sebelumnya tidak pernah," ujarnya.

Tak ada persiapan khusus untuk hari spesial ini. Wati berdandan sejak pagi sebelum pergi ke pasar. Dia tidak memakai jasa penata rias di salon. "Dirias sendiri. Tidak ke salon," ujarnya.

Nia Kurniati, pedagang lainnya, bahkan berdandan di kiosnya. Dia mengaku tidak sempat dandan di rumah karena harus pergi ke pasar dinihari. "Saya jualan mulai pukul 02.00 WIB. Jadi tidak sempat dandan," kata pedagang daging sapi ini.

Nia berharap, melalui peringatan Hari Kartini ini, tidak ada lagi kekerasan terhadap kaum perempuan. Kaum perempuan, kata dia, harus sejajar dengan laki-laki. "Ini zamannya kesetaraan gender. Wanita sekarang harus sama derajatnya dengan laki-laki. Ini buktinya saya bisa usaha sendiri, mandiri," Nia berujar.

Kepala UPTD Pasar Rajapolah, Ipong Candio, mengatakan, tidak ada paksaan terhadap para pedagang untuk mengenakan kebaya. "Atas dasar keinginan sendiri. Pedagang mau sendiri," kata dia.

Menurut Ipong, perayaan Hari Kartini oleh para pedagang pasar tersebut baru pertama kali ini terjadi sejak Pasar Rajapolah dibangun pada 1990. "Dulu enggak ada, baru tahun ini," ujarnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Chat Box