Unic indonesia
Loading...
Jumat, 29 Maret 2013

Apa itu Blackhat,White Hat, dan Grey Hat?

00.39


Mungkin anda pernah mendegar istilah hacker,cracker,white hat,black hat dan grey hat?..pada postingan kali ini saya mencoba sharing dari sedikit infomasi yang saya miliki untuk mecegah salah presepsi pada  istilah tersebut , langsung cekidot aja y gan.. ( halah..-_-’ ) .
1. White Hat
Istilah ini adalah sebutan tentang arti “Hacker” yang sebenarnya dimana mereka mempunyai keahlian dalam bidang komputer yang dapat masuk kedalam sistem keamanan jaringan komputer dengan tujuan pembelajaran dan analis pada kelemahan sistim jaringan yang telah berhasil mereka masuki tanpa merusak atau melakukan hal yang merugikan pada sistem jaringan itu sendiri.


2. Black Hat
Ini  merupakan sisi gelap dari hacker dan membuat konotasi negatif dari arti kata dari hacker itu sendiri yaitu kelompok ataupun perseorangan yang membobol sistem jaringan komputer dan melakukan tindakan yang merugikan pada jaringan yang berhasil mereka masuki seperti defacing ( Merubah tampilan web ) , memanfaatkan bug ( kelemahan pada celah – celah sistem jaringan komputer )  , menyusupkan  kode-kode virus dan hal negatif lainnya,sebutan yang tepat pada orang yang melakukan aksi black hat itu sendiri adalah “Cracker”.
3. Grey Hat
Mungking agak sedikit asing untuk istilah yang satu ini atau mungkin anda belum pernah mendengarnya.Istilah tersebut adalah pertengahan antara white hat dan black hat, aksi mereka mencari / mejelajahi internet lalu masuk kedalam salah satu webiste melalui kelemahan sistem jaringan komputer yang mereka temui lalu memberikan pesan kepada administrator bahwa mereka telah masuk atau menemukan bug pada website mereka dan menawarkan untuk memperbaiki sistem keamanan jaringannnya dengan sedikit imbalan untuk diberikan kepada sang hacker.
Sekian sedikit informasi mengenai istilah –  istilah dalam aksi memasuki pada sistem jaringan komputer, mudah-mudahan ilmu ini bermanfaat bagi anda untuk mengenal istilah-istilah dalam dunia internet , manfaatkanlah ilmu anda dalam kebaikan dan mulailah berbagi informasi untuk kita semua.

2 komentar:

  1. wwah nice info gan, ane taunya black hat aja gan, temen ane banyak yang bilang dirinya black hat :D

    BalasHapus

 
Chat Box